Tingkatkan Kesadaran Masyarakat akan Kebersihan BSI dan Plastic Pay Luncurkan Reverse Vending Machine




Dapat uang tambahan dengan menukar barang bekas seperti botol plastik mungkin sudah umum diketahui oleh semua orang. Tapi lebih banyak dari orang tidak terlalu peduli juga terkait hal tersebut dikarenakan pengumpulan yang lama dan juga tempat untuk mengumpulkan barang tersebut. Bahkan apabila ditaruh di tempat sembarangan akan merusak estestika dari tempat tersebut. Jadi kebanyakan orang lebih memilih tidak peduli, buang sembarangan, atau dibuang ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah). 


Dampaknya sudah jelas tidak baik untuk lingkungan. Berdasarkan studi tentang sampah plastik membutuhkan waktu sekitar 10 - 20 tahun. Bayangkan saja apabila hal tersebut terus berlanjut bagaimana keadaan lingkungan hidup kita beberapa tahun kemudian?


Tapi jangan khawatir, sekarang ada inovasi baru dari kerjasama antara Bank BSI (Bank Syariah Indonesia) dan Plasticpay. Plasticpay adalah gerakan sosial berbasis platform digital, yang mengajak masyarakat untuk merubah sampah plastik yang merusak lingkungan menjadi bermanfaat dan membawa kebaikan. Sedangkan bentuk kerjasamanya yaitu berupa mesin RPM (Reverse Vending Machine). Merupakan mesin penukaran sampah plastik di Vending Machine bisa langsung di tukarkan menjadi saldo. Bagus sekali bukan? Jadi kita tidak perlu mengumpulkan hingga sampai berat tertentu untuk menukarkan limbah plastik, dengan adanya mesin tersebut kita dapat menukarkan satuan botol plastik. Jadi anggap saja seperti buang sampah berhadiah. 


Untuk konversi saldo perbotol Bank BSI menerapkan sistem poin, dengan asumsi 1 poin setara dengan Rp. 1 dan untuk satuan botol plastik ukuran 600 ml setara dengan 56 poin atau = Rp. 56 . Konversi tersebut dapat langsung masuk menjadi saldo di tabungan Bank BSI. 


Sampah dari vending machine tersebut nantinya akan di olah kembali menjadi berbagai souvenir oleh pelaku UMKM Indonesia. Jadi selain kita mengurangi pencemaran lingkungan kita juga membantu pertumbuhan ekonomi dari UMKM. 


Untuk saat ini reverse vending machine sudah tersedia di bali dan jabodetabek. Sangat disayangkan untuk hal ini. Tapi semoga untuk beberapa tahun kedepan sudah tersebar di Seluruh Indonesia. 


Program ini oleh Bank BSI dan Plasticpay. Bertujuan untuk mewujudkan ekonomi hijau di Indonesia. Dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia agar lebih peduli terhadap lingkungan.

#1001CeritaMembangunIndonesia #TumbuhSeimbangBerkelanjutan #KompetisiLiterasi #BankSyariahIndonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinar Mas Land Mewujudkan Masa Depan Kota Layak Huni di Indonesia

ANCAMAN KEAMANAN JARINGAN